Rabu, 28 Juni 2017

Pantun Betawi Lucu Gokil Jenaka (Part 3)

PANTUN LUCU | Pantun merupakan salah satu jenis karya sastra lama. Istilah pantun berasal dari kata 'tun' yang berarti teratur. Mungkin dari istilah tersebut tercermin dari pola sajak pantun yang berakiran a-b-a-b atau a-a-a-a. Pantun memiliki banyak tema dan salah satu temanya adalah untuk menghibur atau pantun lucu. Nah, orang betawi terkenal memiliki lawakan-lawakan dari pantun. Sebagai pelestarian budaya Betawi, berikut adalah beberapa pantun betawi lucu yang pastinya bakal menggelitik perut yang baca. Semoga terhibur.

Kacang di rebus biar mateng
Mateng masak buah ke dondong
Bang ucup aye akuin si orangnya ganteng
Ganteng nya si cuma di kampung gedong

Sarapan pagi pake tempe
Siang dikit pake jagung
Tampangnya ucup sih memang oke
Tapi sayang otaknya linglung

Belok kanan kudu ati-ati
Nenek-nenek kaga punye banda
Tulung jangan dimasukin ati
Kan ane cuma bercanda,

Beli rebung dipasar kenari
Dari cikarang ke cileunyi.
Mandiin burung tiap pagi,
Ampe skarang kagak bunyi-bunyi

Makan permen jangan dikulum
Beli paku pada karat
Assalamualaikum
Yang gak nyaut biar pada asem urat

Pantun Betawi, Pantun Lucu, Pantun Betawi Lucu, Pantun Lucu Gokil, Pantun Jenaka,
Pantun Betawi Lucu Gokil Jenaka (Part 3) | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Ke tanah abang beli selendang
Ke cikarang makan nasi padang
Eh bang iye dulu aye rela di panggil sayang
Tapi sekarang kalo manggil lagi aye tendang.

Badan siapa terkena kudis
Obatnya borehin lada
Siang malem abang godain gadis
Pas bersanding ama janda

Ke apotik beli obat kapsul
Ada ikan dimakan trenggiling
Enak punya bini pada sunah rossul
Cuma aye sunahnya ama bantal guling,

Jangan suka minum kapsul
Apa lagi yang warnanya merah
Siapa bilang malem Jumat pada sunah rosul
Orang lagi lampu merah

Kalo kapsul warnanya merah
Bungkus aja bang ama kaen
Kalo lagi lampu merah
Pan ada yang laen

Pantun Betawi, Pantun Lucu, Pantun Betawi Lucu, Pantun Lucu Gokil, Pantun Jenaka,
Pantun Betawi Lucu Gokil Jenaka (Part 3)

Kekemang beli kaen
Eh dapetnye malah pete
Lah emang ada yang laen
Udeh dipepet sama pak Erte

Dari mana asalnya pete
Jalan-jalan beli cakwe
Kalo udah dipepet pak Erte
Masih ada bang disamping rumah pak Erwe

Ke sebrang beli lada 
Sampe di sebrang beli bakwan
Sekarang banyak janda
Yang ngaku-ngaku masuh perawan

Beli lada buat bikin bakwan
Biar janda rasa perawan

Kapal selem udah berkarat
Rumanah beli obat kapsul 
Ini malem, malem jum'at 
Pada siap-siap sunah rasul

Ntu die Pantun Betawi Lucu nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us | Privacy Policy | Disclaimer | Contact Us