Senin, 19 Juni 2017

Adu Pantun Betawi Battle 9-11

Adu Pantun Betawi | Dalam pernikahan adat Betawi, ada suatu tradisi yang terbilang unik, yaitu tradisi  Palang Pintu. Kita sering melihat tradisi palang pintu tersebut di sinetron-sinteron yang mengambil latar Betawi. Tradisi palang pintu terjadi ketika perwakilan antar dua mempelai (pria dan wanita) bertemu. Untuk meminta izin menemui keluarga mempelai wanita, jawara dari keluarga pria akan berhadapan dengan jawara dari pihak wanita. Nah, adu jawara tersebut dimulai saat keduanya saling adu pantun. Palang Pintu berakhir saat kedua jawara tersebut unjuk gigi jurus silat dan dipersilahkannya keluarga mempelai pria masuk dan bertemu keluarga mempelai wanita. Adu Pantun di tradisi itu pun merambat ke percakapan sehari-hari. Berikut adalah contoh Adu Pantun Betawi di kehidupan sehari-hari.

Battle 9

Ngelap kembang di hari minggu
Makan sekuteng minumnya panta
Maap ye bang kelamaan nunggu
Nih aye dateng membawa cinta

Nenteng sekuteng muterin kota,
Bawa sejadah kasih mantu di tanah koja.
Kalo emang eneng dateng membawa cinta,
Yaudah taro dulu situ di meja.

Makan tape di bantar gebang
Beli sajadah dari sekarang
Yah ilah jangan nape bang
Ntar ajadah diambil orang

Ke solo naek onta lewat sebrang,
Liat qosidah di rumah tukang.
Kalo emang cintanya takut diambil orang,
Lah pindain dah di laci blakang.

Adu Pantun, Pantun Betawi, Adu Pantun Betawi, Adu Pantun Betawi Lucu, Pantun, Pantun Khas Betawi.
Adu Pantun Betawi Battle 9-11 | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Battle 10

Ke apotik beli obat kapsul
Ada ikan dimakan trenggiling
Enak punya bini pada sunah rossul
Cuma aye sunahnya ama bantal guling,

Jangan suka minum kapsul
Apa lagi yang warnanya merah
Siapa bilang malem Jumat pada sunah rosul
Orang lagi lampu merah

Kalo kapsul warnanya merah
Bungkus aja bang ama kaen
Kalo lagi lampu merah
Pan ada yang laen

Kekemang beli kaen
Eh dapetnye malah pete
Lah emang ada yang laen
Udeh dipepet sama pak Erte

Dari mana asalnya pete
Jalan-jalan beli cakwe
Kalo udah dipepet pak Erte
Masih ada bang disamping rumah pak Erwe

Adu Pantun, Pantun Betawi, Adu Pantun Betawi, Adu Pantun Betawi Lucu, Pantun, Pantun Khas Betawi.
Adu Pantun Betawi Battle 9-11 | www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Battle 11

Bang beli bandeng dimanado
Pulangnya beli rok mini
Emang gue ganteng kaya aliando
Yang kaga suka ayo dah pantun sini

Dari Manado beli nanas
Dahan kayu seikat di ukir
Kaya Aliando dari monas
Padahal dari dekat kaya bokir

Buat apa lauk bandeng,
Kalo ada ikan tambak,
Buat apa rupa ganteng
Kalo dompet tetep cekak

Bikin baju gambar komodo
Jangan di iket itu terasi
Dari jauh emang mirip aliando
Dari deket ko mirip tesi

Rujak kupa pake terasi,
Di makan sebiji sambil berlari,
Biar rupa kayak is tesy,
Asal baik hati dan baik budi

Ntu die Adu Pantun Betawi Battle 9-11 nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us | Privacy Policy | Disclaimer | Contact Us