Rabu, 15 Maret 2017

Pantun Betawi Cinta Romantis

Pantun Betawi Cinta | Betawi merupakan kelompok etnis yang tergolong baru di pulau Jawa. Menurut penelitian kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti orang Sunda, Melayu, Jawa, Arab, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, dan Tionghoa. Ada beberapa macam kebudayaan Betawi, salah satunya adalah Pantun. Berikut adalah kumpulan Pantun Cinta Khas Betawi.

Intan beli rambutan, 
Rambutan dari cipinang. 
Mantan bukan pahlawan,
Tidak perlu untuk dikenang.

Makan ketan dicampur bakwan,
Jaket kulit ngebungkus pakan.
Mantan memang bukan pahlawan,
Tapi sulit tuk di lupakan.

Banyak arus tapi banyak ikan,
Ambil saringan di atas loteng.
Abang kurus bukan kurang makan,
Tapi karna keseringan mikirin eneng.

Naik sepeda kena paku,
Minum jamu sambil baca buku.
Kalo garuda itu didadaku,
Kalo kamu di hatiku.

Duduk diloteng adem hawa nya,
Pohon kedondong jarang dipetikin.
Kalo si eneng belum ada yg punya,
Boleh dong kalo abang deketin.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Cinta Romantis | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Duduk diloteng adem hawanya
Pepaye diambil sama orang miskin
Si eneng pan udah Ada yang punya
Aye duluan yg udah deketin

Sayur lodeh pancinya dinaekin,
Sambel pete enaknya buatan nyonya.
Biarin dah ente yang deketin.
Ente emaknya kalo ane anaknya

Gandeng tangan sama si Yayang
Si Yayang pergi lebaran
Kalo kita saling menyayang
Boleh donk abang bawa lamaran

Ada pintu gak pake engsel
Cuma nempel gitu ajah
Gak usah pake kesel
Kalo kangen ngaku ajah

Naek kereta jurusan tegal
Beli ruti dibelah dua
Klo cinta jangan ditinggal
Sehidup semati harus berdua.

Pantun, Pantun Betawi, Pantun Betawi Lucu, Pantun Betawi Jenaka, Pantun Betawi Nasehat, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Gokil, Pantun Betawi Agama, Pantun Betawi Rayuan Gombal, Pantun Betawi Nakal.
Pantun Betawi Cinta Romantis | http://www.1001-pantunbetawi.blogspot.com

Mangga golek warnanya surem,
Ada centeng tampangnya ganteng.
Mata melek kagak bisa merem,
Ngguin eneng kagak dateng-dateng.

Ngelap kembang di hari minggu
Makan sekuteng minumnya panta
Maap ye bang kelamaan nunggu
Nih aye dateng membawa cinta

Nenteng sekuteng muterin kota,
Bawa sejadah kasih mantu di tanah koja.
Kalo emang eneng dateng membawa cinta,
Yaudah taro dulu situ di meja.

Makan tape di bantar gebang
Beli sajadah dari sekarang
Yah ilah jangan nape bang
Ntar ajadah diambil orang

Ke solo naek onta lewat sebrang,
Liat qosidah di rumah tukang.
Kalo emang cintanya takut diambil orang,
Lah pindain dah di laci blakang.

Ntu die Pantun Betawi Cinta Romantis (part 1) nye, mpok, ncang, nyak, babeh.. Gimane?? Keren-keren abis kan? Semoga terhibur ye. Nantikan pantun-pantun khas Betawi lainnya. Mari sama-sama lestarikan budaya Betawi, budaya asli Indonesia, budaya kita bersama.. Jangan lupa share ke yang lainnya juga ya. Terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us | Privacy Policy | Disclaimer | Contact Us